Wednesday 15 June 2011

Ini Arti Sebuah Penghargaan?

Posted by Sosiana Dwi On 9:54 am
Angka 13 yang telah diberi tanda itu tak lepas ia pandangi pada secarik kalender 2009 yang kini menguning. Siti tak sengaja menemukannya ketika ia sama sekali tak berharap memandangnya lagi. Di dinding beranyam bambu, pigura kayu sengon buatan ayahnya adalah hasih dari sejarah yang ia toreh. Ketika ayahnya meninggal pigura itu adalah buah tangan terakhir dari ayah sekaligus hadiah termanis untuk ayah.

"Piagam Penghargaan,nama : Siti Amanahasal sekolah : SMA 1 KarangpingitSebagai peraih medali perak, Olimpiade Sains Nasional Astronomi," bacanya dalam hati seakan masih tak percaya gadis kampung sepertinya mendapat hadiah itu. Ia mengingat, sebulan setelah itu senyum tak lepas ia sunggingkan, seolah menghapus keringat dari ratusan tangis yang ia terima. Kotak medali perak yang ia perolah menjadi perhiasan termahal miliknya hingga kini.

"Nduk," rintih ibunya yang sakit keras di kamar sebelah."Ibu mau dibantu berdiri."suara tak berdaya ibu mengagetkannya. Bergegas Siti meninggalkan fatamorgananya yang lalu.

Dulu dan kini adalah dua dunia yang beda. Menemani ibunya yang sakit adalah hiburan di kala ia merajut pintalan bulu mata dan air mata. Bekerja adalah pilihan terakhir, alih-alih menjadi mahasiswa. Sebulan menjadi berita headnews koran lokal. Namun setahun setelahnya?
...
Ia terlupa begitu saja, tanpa lanjutan apapun dari segala upaya. Apa mimpinya akan ambruk seperti tiang pilar gubuknya? Atau rapuh seperti tubuh tua ibunya?
?

: terinspirasi dari Reportase Trans 7 tadi sore. Jangan sampai ada cerita nyata seperti yg saya buat. Walau kenyataannya banyak. Ia tak kelihatan hanya karena ia bukan jd juara 1. Tak berarti dia kalah ,iya kan?
Categories:

0 Opini:

Post a Comment

Bahasa menunjukan bangsa, jadi pergunakanlah bahasa yang baik dengan format sopan santun yang telah ada :)

  • Contact us

    Sosiana Dwi Architecture 2011 Bandung Institute of Technology