Monday 7 October 2013

ROTI

Posted by Sosiana Dwi On 1:02 am
Roti yang ini bukan nama makanan. Roti ini juga bukan juga nama orang. Roti adalah nama Anjing  berwarna hitam yang sering berseliweran di daerah kawasan FSRD dan depan kantin Bang Ed. Aku tak tahu asal muasal Roti diberi nama Roti dan kenapa Roti dipanggil Roti. Seringnya ia tengah tiduran males-malesan di depan selasar kantin Bang Ed. Jika kalian adalah anak tenggara atau anak seni rupa pasti tahu Roti seperti apa.

Awalnya aku takut pada Roti, itu terjadi saat aku TPB. Saat melewati kantin Bang Ed dan menemukan ada anjing aku langsung buru-buru menyingkir . Pertama takut najis, kedua takut diikutin, dan memang dalam islam tidak boleh memegang Anjing karena najisnya.

Tapi ketika aku masuk ke jurusan Arsitektur, interaksiku dengan Roti kian bertambah. Karena mau tak mau akan setiap hari aku bisa bertemu dengan Roti. Ketakutanku akan anjing sedikit demi sedikit hilang. Karena Roti adalah tipe anjing yang yang tahu jika mau didekati dan tidak. Roti  tahu aku tidak mau didekati dan disentuh maka Roti tak pernah mendekatiku. Namun bagi orang yang memang ingin menyentuhnya ia selalu tahu dan tak segan bermanja-manja dengannya. Roti tak pernah menggonggong di siang hari saat jam kerja. Roti tak pernah mengganggu siapapun di kawasan kampus kalau aku lihat. Roti makan dari apa yang diberikan padanya. Roti anjing baik. Roti anjing yang malas karena seringnya ia hanya tiduran di kawasan itu-itu saja. Roti punya pacar. Namanya Morin. Morin memang jodohnya Roti.

Suatu kali kami dikejutkan dengan hamilnya Roti dengan bapak entah anjing yang mana. Karena banyak anjing liar pula di ITB. Yang membuatku tahu kalau Roti adalah anjing betina karena sebelumnya aku tahunya Roti jantan. Roti hamil dan makin malaslah dia. Suatu kali Roti melahirkan. Roti melahirkan di selasar Arsi. Aku masih ingat Roti melahirkan saat ada acara prodi bulan Juli. Tanggal 12 Juli 2013, kalau tidak salah 9 anak Roti keluar. Bayi anjing yang lucu. Kalau tak tahu aturan agama mungkin aku akan mengadopsi satu. 9 bayi Roti itu  diadopsi oleh beberapa anak Seni Rupa.

Hari ini aku dikejutkan oleh berita duka. Selengkapnya bisa dilihat di surat ini https://twitter.com/leiilucene/status/386448572821954561/photo/1

Mungkin yang ingin tahu ceritanya bisa baca linimasa dari @farhanoid, @amayorita dan @leiilucene

Dan ada pula klarifikasi mengenai berita yang tidak mengenakan tadi di https://m.facebook.com/notes/happy-mayorita-aviani/klarifikasi/10151710332901094?refid=18.

Roti, selalu ada di kenangan banyak orang yang pernah bertemu dengan Roti. Entah itu bagaimana ia selalu menyambutmu ketika pagi hari dengan ekor yang selalu berkibas. Bagaimana ketika dia tiduran di karpet yang berada di depan pintu masuk. Maupun kenangan ketika dia mengharapkan makanan dari kita.

Dulu aku sering bercakap-cakap dengan Fitri.
"Fit, kalau di Jepang ada Hachiko di ITB ada Roti yah ,Fit. Kalau dia nggak ada mungkin banyak orang kehilangan. Bakal banyak yang nangis kayak di film Hachiko. Dan mungkin bakal difilmin juga."

Dan hari itu pun terjadi. Ketika Roti sudah tidak ada lagi. Saat aku menuliskan ini pun aku menangis tersedu seperti sedang menonton film sedih. 

Roti yang tertidur
Foto diambil dari dokumentasi Belly Munandar


Selamat tinggal Roti :')
Sketsa-sketsa Mimpi, akan membawamu ke imajinasi penuh impian dalam sketsa kasar manusia
Categories: , ,

3 comments:

  1. Jarang liat Roti. Jarang lewat tenggara~~

    ReplyDelete
  2. Roti, awalnya mau dikasih nama Ciwawa. itu antara tahun 2010-2011 pas roti baru dateng. ada yang manggil Ciwawa ada yang manggil Roti. kayaknya karena dikasih makan Roti Ciwawa jadi mau terus.

    Morin itu pacar pertama Roti. warnanya coklat. sejenis Golden Retriever.

    Mungkin tak sepantasnya ada anjing liar di kampus, tapi peringatan kan bisa dilakukan. Bukan dengan cara ini :(

    RIP roti..

    ReplyDelete

Bahasa menunjukan bangsa, jadi pergunakanlah bahasa yang baik dengan format sopan santun yang telah ada :)

  • Contact us

    Sosiana Dwi Architecture 2011 Bandung Institute of Technology