Wednesday 20 February 2013

Diklat Dasar Aktivis Terpusat 2013

Posted by Sosiana Dwi On 4:27 pm
DDAT 2013 sebuah kesempatan bagi mahasiswa yang yang haus dan ingin belajar soal pergerakan. Peserta khusus mahasiswa ITB angkatan 2012. Buktikan kalian mahasiswa yang sebenarnya !

DDAT 2013 | ITB Jatinangor | 1-3 Maret 2013. Kritis untuk pergerakan ! Info pendaftaran : bit.ly/infoDDAT2013



YUP! 
Ini adalah rangkaian publikasi dari DDAT 2013.

Apa itu DDAT?

Pasti banyak yang tidak tahu kan. Nah, DDAT itu adalah kependekan dari  Diklat Dasar Aktivis Terpusat. Berbau-bau aktivis pula. 

Jadi DDAT ini adalah sebuah acara yang bisa dibilang seperti diklat mengenai dasar-dasar menjadi aktivis. Nah kenapa dasar? Karena diklat ini diberikan kepada mahasiswa Tahap Persiapan Bersama di ITB. Yang notabene baru banget (kurang dari satu tahun) mengenal apa yang disebut dunia kemahasiswaan. Sehingga yang diberikan pun dasar-dasar berorganisasi, berhimpun, berkabinet, dan lain-lain. 

Meskipun namanya adalah aktivis menurutku DDAT ini tidak hanya untuk orang yang suka koar-koar dengan ketidakadilan di depan gedung DPR. Karena aktivis itu bisa beragam cara yang penting dia adalah pribadi yang aktif. Betul tidak? Yang pastinya alumni DDAT adalah orang yang diharapkan menjadi reaktor aktif yang bisa membawa perubahan dalam segala segi, entah itu sosial, politik, kewirusahaan, seni, budaya dan juga orang-orang yang kritis dalam menghadapi masalah. 

Acara ngapain aja sih?

Kalau waktu aku ikut DDAT yaitu tahun 2011 acaranya bisa dibilang seru. Ada Seminar dari pembicara yang memberikan pengalamannya selama beraktivitas dan beraktivis di kampus. Yang bisa memberikan motivasi untuk mahasiswa yang baru masuk kampus untuk meraih cita-cita selama berkuliah nantinya. Ada pula sesi pertunjukan, waktu itu dan kawan-kawanku membuat drama mengenai sejarah KM-ITB. Karena lakonnya sesama angkatan 2011 jadinya banyak keceriaan dan adegan yang banyak mengundang tawa. Tentunya dengan sejarah-sejarah yang tertuang di dalam drama tersebut. Saat itu ada sesi olahraga bersama dan sesi pos-pos. Aku lupa detailnya tapi yang pasti waktu itu begitu seru karena bisa menambah teman satu angkatan dari luar fakultas. Kesempatan untuk menambah teman pun terbuka lebih luas. Dan paling penting sih ini mau ke penghujung acara kami membuat ikrar, aku lupa detailnya namun aku ingat waktu pembacaan janji itu aku merasakan kesyahduan yang dalam #Asyik. 

Tahu enggak kalau anak-anak yang bergabung di DDAT ini adalah manusia yang sangat keren. Keren dalam definisi dia itu mau menimba ilmu dengan ikutan DDAT. Karena DDAT itu bukanlah kegiatan yang sia-sia lho. Acara sharing bersama teman-teman adalah hal yang paling menarik. Karena dari mereka ternyata banyak banget pengetahuan yang bisa kita dapatkan. 

Hhaha, tulisan ini tidak untuk publikasi sih sebenernya. Hanya share pengalaman saja. Maaf kalau random :P

Sketsa-sketsa Mimpi, akan membawamu ke imajinasi penuh impian dalam sketsa kasar manusia
Categories: ,

0 Opini:

Post a Comment

Bahasa menunjukan bangsa, jadi pergunakanlah bahasa yang baik dengan format sopan santun yang telah ada :)

  • Contact us

    Sosiana Dwi Architecture 2011 Bandung Institute of Technology