Sunday 17 June 2012

Beranjak Dari Gelap

Posted by Sosiana Dwi On 12:19 am

Beberapa hari ini aku begitu bahagia. Bukan karena penjurusan yang telah menempatkanku pada pilihan pertama Arsitektur bukan pula karena IP semester terakhirku turun jeblok. Atau karena liburan ini diisi oleh diklat masa Orientasi siswa baru OSKM 2012? Tidak juga.

Aku begitu bahagia karena beberapa hari yang lalu aku mengalami sebuah pengalaman baru. Untuk pertama kalinya aku  mengikuti seminar bertaraf nasional dengan dihadiri banyak pemuda dan pemudi se-Indonesia. Walau pun aku sering ikut atau cuma asal ngikut seminar di kampus yang kadang gedhe tapi kali ini lain. Di acara bertajuk National Future Educator Conferences (NFEC 2012) Aku bisa merasakan feel euforia yang berbeda. Andakan saja ada ahli aura di tempat ini aku bisa yakin ada lebih dari 75% orang yang kutemui memiliki semangat yang lebih dari semangat mengguncang dunia. Acara NFEC ini mengumpulkan orang dengan passion yang tinggi terhadap dunia pendidikan. Tapi jangan salah, mereka ini datang bukan dari IKIP, bidang keguruan maupun seorang guru saja namun mereka merupakan orang dari latar belakang keilmuan yang berbeda-beda. Ada yang ahli terhadap hutan, seorang arsitek, kesehatan masyarakat, teknik, ekonom bahkan aku juga menemui beberapa murid SMA yang telah semangat melakukan perubahan. Tentang acara sendiri aku telah beberapa mengupasnya dalam catatan lain di belahan lain blog ini intinya banyak sekali pembicara yang sangat menginspirasi.



Namun bukan soal keseluruhan acara, makanan yang enak-enak tersebut, maupun pembicara yang menginspirasi tersebut yang membuat aku bahagia mengikuti rangkaian acara NFEC 2012 ini. Pertemuan dengan banyak isi-isi kepala yang mempunyai semangat juang tinggilah yang membuat aku seperti disulut senyumnya untuk tak hentinya tersentum bahagia. Aku seperti menemukan keluarga yang akan mendukung segala apa yang kuperbuat. Telah kutemukan pejuang-pejuang kemerdekaan di era pasca kemerdekaan ini. Mereka itu hanya dengan membuat forum diskusi kecil saja bisa membuat kehangatan dalam sekejap. Mereka bukan tipe orang yang tertutup untuk bercerita, mereka terbuka bercerita tentang hidup dan project yang tengah mereka lakukan. Kita seperti telah sahabat lama yang lama tak bersua yang ingin menumpahkan semua cerita. Seolah cerita tersebut sayang untuk tidak dibagi. Diantara mereka beberapa orang sangat idealis. Ada yang dengan kuliahnya di bidang teknik dia tidak ragu untuk mengajar anak SD. Ada pula yang enggan untuk ikut SNMPTN undangan dan tulis karena dia yakin banyak kecurangan dan ke-gambling-an di dalamnya.

w.o.w melihat kegigihan dalam cerita mereka aku merasa malu dengan pencapaian diriku sendiri. Aku merasa belum pernah memperjuangkan sesuatu. Aku ingin membuat perubahan tapi itu hanya terhenti dalam batas konseptual. Aku ingin melangkah namun seribu ketakutan telah membuatku mundur teratur. Aku merasa malu ketika harus sharing project aku hanyalah pemimpi kecil yang tengah meraih bulan hanya dengan bercerita dan bercerita.

Aku bahagia kini bukan karena aku merasa gagal akan pencapaianku tapi aku bahagia karena dengan ikut acara ini aku bisa tersadarkan. Aku terdasarkan oleh kenyataan bahwa untuk meraih bulan aku harus membuat roket untuk terbang dan menembus atmosfer ketakutan-ketakutanku sendiri.
Kuceritakan padamu aku begitu bahagia,

Aku bahagia aku telah sadar dari kegelapan dan akan segera mungkin menyalakan lilin.

Aku bahagia aku bisa melihat dunia! J


Sketsa-sketsa Mimpi, akan membawamu ke imajinasi penuh impian dalam sketsa kasar manusia
Categories: ,

0 Opini:

Post a Comment

Bahasa menunjukan bangsa, jadi pergunakanlah bahasa yang baik dengan format sopan santun yang telah ada :)

  • Contact us

    Sosiana Dwi Architecture 2011 Bandung Institute of Technology