Sunday 12 December 2010

Piala Citra Sedang Sakit

Posted by Sosiana Dwi On 5:13 pm
Kisah Pelajar Desa Raih Piala Citra (1) Film pendek berjudul Pigura besutan duo sutradara dari SMPN 4 Satuatap Karangmoncol, Purbalingga, berhasil menyabet Piala Citra untuk Kategori Penghargaan Khusus dari Dewan Juri. Wartawan Suara Merdeka, Sigit Harsanto, mencatat upaya sekolah terpencil itu mengukir sederet prestasi bidang perfilman.

SEJAK kali pertama digelar pada 1955, Piala Citra masih tetap menjadi penghargaan paling prestisius bagi insan perfilman di Tanah Air. Namun, bagi remaja yang menyutradarai Pigura, Darti (15) dan Yasin Hidayat (13), penghargaan itu dianggap sama seperti hadiah ketika menjuarai berbagai lomba lainnya.

’’Piala Citra-ne mriang, agi tek bondhol klambi men anget njur mari maning (Piala Citra sedang sakit, sekarang sedang saya bungkus baju biar sehat kembali-Red),’’ kelakar sutradara Darti saat dijumpai di kediamannya di Grumbul Arca, Desa Karangmoncol, Purbalingga, Kamis (9/12).

Rupanya sejak diserahkan pada malam penganugerahan Festival Film Indonesia (FFI) 2010 di Ballroom Central Park, Jakarta Barat, Senin (6/12), piala tersebut hanya ditaruh di dalam lemari pakaian di dalam kamar yang lantainya masih beralas tanah. Seperti penghargaan terdahulu yang pernah diterimanya, putri pasangan buruh tani, Kinarja dan Yatimah itu, bakal menyerahkan piala tersebut untuk dipajang di sekolah.

Sebelumnya, melalui film Baju Buat Kakek, Darti meraih penghargaan Aktris Terbaik Festival Film Anak (FFA) Medan (2009). Film yang sama pada ajang yang sama juga menyabet penghargaan Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Misyatun, Kelas VIII) dan Editor
Categories:

1 comment:

  1. ;-)
    http://rupakampung.blogspot.com/2011/08/prestasi-yang-menggembirakan.html

    ReplyDelete

Bahasa menunjukan bangsa, jadi pergunakanlah bahasa yang baik dengan format sopan santun yang telah ada :)

  • Contact us

    Sosiana Dwi Architecture 2011 Bandung Institute of Technology