Saturday 29 June 2013

The Help (2011)

Posted by Sosiana Dwi On 5:28 pm
Untuk pertama kalinya aku ingin menceritakan apa film yang pernah aku tonton dan pengalaman ruang apa yang terjadi.  Membaca artikel semacam ini mungkin sudah seperti membeli baju di supermarket, banyak yang serupa. Dan terkadang bajunya di jual di Pasar Gedebage saking terlalu banyaknya dan beberapa diantaranya tak layak pakai. Aku hanya ingin lepas dari itu semua, well. This is my blog, and this is also my hobby. So, I hope you won't intterupt my pleasure. Haha

The Help (2011)

Film ini menceritakan tentang betapa rasisnya kehidupan di Jackson, Mississippi mengenai warna kulit. Warga kulit hitam diceritakan selalu menjadi budak di rumah-rumah kulit putih. Tak hanya itu kulit hitam diumpamakan menjadi semacam anjing, yang disayang-sayang karena kelucuan dan bisa dijadikan penjaga keamanan namun juga kadang dihinakan dengan memakainya dalam umpatan, dan sering disebut penyakitan.

Diceritakan Aibileen yang diperankan oleh Viola Davis (dan aktingnya sangat bagus) adalah kulit hitam yang menjadi pembantu rumah tangga di keluarga Leefolt. Pekerjaan yang paling sering ia lakukan adalah merawat anak-anak dari majikan mereka, yang jarang terurus oleh ibu kandungnya. Total sudah 17 anak kulit putih yang ia rawat, yang pada akhirnya beberapa diantara mereka justru merendahkannya ketika mereka beranjak dewasa. Diceritakan pula Minny Jackson adalah pembantu keluarga Hilly sekaligus teman baik dari Aibileen. Minny dipecat dari rumah majikannya hanya karena menggunakan toilet rumah Hilly, yang dianggap akan menyebarkan penyakit membahayakan bagi kulit putih. Dan Wow nya adalah saking strictnya masalah toilet si menyebalkan Hilly sampai memberi tanda tissu toilet mereka dengan pensil. Hak asasi manusia untuk kulit hitam tak hanya sampai disitu, ternyata ada banyak yang mengalami hal serupa. Hal ini yang membuat Skeeter yang diperankan oleh Emma Stone, seorang kulit putih baik hati tergerak untuk menuliskan perasaan menjadi kulit hitam dalam sebuah buku. Awalnya sempat mengalami penolakan dari narasumber kulit hitam, yang tentu saja akan membuka banyak aib kulit putih yang tentu saja melanggar hukum saat itu. Mungkin sudah saking keselnya akhirnya mereka mau di wawancara itu pun secara diam-diam dengan nama samaran.

Banyak konflik dan drama yang terjadi dalam proses pembuatan buku itu, dari mulai gejolak si Hilly yang sekaligus teman baik Skeeter, ketidak sukaan kulit putih atas apa yang dilakukan Skeeter, tuduhan bohong untuk para kulit hitam dan semuanya membuat kita menyadari apa yang terjadi saat adanya apartheid dahulu kala. Terbuai emosi sih. Sampai akhirnya buku The Help yang Skeeter atas kerjasama teman kulit hitamnya lakukan muncul membuat turning point bagi kehidupan kulit hitam sekaligus kulit putih.

Dan endingnya tidak akan saya bocorkan sebelum yang baca blog ini nonton sendiri. Haha. Karena namanya juga film, gak akan seru kalau Cuma diceritakan, itu jadi bagiannya novel aja deh. Dan ternyata film ini adalah adapatasi dari novel karya Kathryn Stockett. Secara keseluruhan aku bilang film ini masuk nominasi keren versi saya. :)



sumber : https://www.google.com/search?rlz=1C1CHKB_idID505ID505&q=the+help&ion=1&bav=on.2,or.r_cp.r_qf.&bvm=bv.48572450,d.bmk&biw=1366&bih=624&um=1&ie=UTF-8&hl=id&tbm=isch&source=og&sa=N&tab=wi&ei=W7bOUYmKFo6QrgfcvYGwAQ#facrc=_&imgrc=OnWT8ALywDJqRM%3A%3BcJJdh4IFfAbSFM%3Bhttp%253A%252F%252Fpeterviney.files.wordpress.com%252F2012%252F01%252Fthe_help01.jpg%3Bhttp%253A%252F%252Fpeterviney.wordpress.com%252Ffilm-theatre-reviews%252Fthe-help%252F%3B1280%3B1024

Sketsa-sketsa Mimpi, akan membawamu ke imajinasi penuh impian dalam sketsa kasar manusia
Categories: ,

1 comment:

  1. ini film keren bgt emang. udah nonton berkali-kali ga bosen :D

    ReplyDelete

Bahasa menunjukan bangsa, jadi pergunakanlah bahasa yang baik dengan format sopan santun yang telah ada :)

  • Contact us

    Sosiana Dwi Architecture 2011 Bandung Institute of Technology